BENGKALIS, BENGKALIS - Pemkab Bengkalis melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Medan menggelar pelatihan budidaya rumput laut. Kegiatan  dilaksanakan di aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis dan Unit Pelayanan Produksi (UPP) Penebal selama 6 hari, 19 -24 Maret 2016.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Bengkalis
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil,  M Ansharuddin dalam pengarahannya mengatakan, budidaya rumput laut masih baru di Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, diharapkan kepada peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan disiplin.

"Pelatihan budidaya rumput laut dengan BP3 Medan merupakan kali kedua di Bengkalis. Kalau melihat dengan geografis di Kabupaten Bengkalis dengan potensi yang ada, ada beberapa daerah yang bisa kita terapkan dalam pengembangan budidaya  rumput laut," ujar Ansharuddin.

Dikatakan Ansharuddin dari 12 kabupaten/kota di Riau, ada 7 yang memiliki wilayah pesisir.Namun sejauh ini hanya Kabupaten Bengkalis yang sudah mengembangkan budidaya rumput laut.

Usaha budidaya rumput laut ini nantinya akan dikembangkan berkerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

"Walaupun secara alami sudah ada rumput laut di Kabupaten Bengkalis yang tumbuh pada musim-musim tertentu, tapi untuk  mengembangkan rumput laut yang memiliki nilai ekonomis, kita bekerja sama dengan BBPBL di Lampung untuk melaksanakan uji coba," ujar pria yang akrab disapa Pak Ansor ini.

Dari hasil ujicoba ada dua jenis rumput laut yang dapat dikembangkan dengan pertumbuhan sangat baik, yakni Euchema cottoni dan Gracilaria sp. "Sejauh ini dari ujicoba yang dilakukan BBPBL Lampung,  Bengkalis temasuk wilayah yang baik untuk pengembangan budidaya rumput laut,"  terang Ansor.(ben03)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.